home

Sunday, February 25, 2007

Sarana Apa saja yang bisa kita gunakan untuk berpromosi

Dari tulisan saya sebelumnya, kita mengetahui bagaimana promosi itu bisa mempengaruhi pikiran konsumen untuk mau membeli produk kita. Berikutnya kita akan membahas sarana apa saja yang bisa digunakan untuk berpromosi/beriklan.

Seiring dengan kemajuan jaman dan makin cepatnya perkembangan teknologi, maka sarana yang dapat digunakan untuk berpromosi akan juga semakin beragam. Sebut saja salah satunya adalah SMS melalui Handphone. Berpromosi dengan media SMS sangat populer sekali saat ini. Media ini bahkan tidak hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, tapi juga perusahaan-perusahaan kecil. Kalau kita menengok ke belakang sekitar dua dekade yang lalu, tentunya kita belum mengenal penggunaan SMS ini sebagai sarana promosi yang cukup handal.

Kedepannya akan sangat mungkin sekali seiring dengan perkembangan telephone genggam berteknologi 3G maka produk-produk baru dapat dilauncing & dipromosikan melalui format audio-video bahkan dapat dapat dilihat secara “LIVE” sebagaimana layaknya televisi dalam genggaman. Dan semakin ke depan lagi mungkin akan muncul teknologi-teknologi baru yang bisa digunakan untuk mempublikasikan suatu produk.

Saat ini selain media yang berteknologi maju, ada banyak sekali media konvensional yang dapat digunakan untuk berpromosi/beriklan. Oleh sebab itu untuk mempermudah pemahaman maka media-media iklan tersebut dapat dikelompokkan dalam beberapa katagori yaitu:

1. Media cetakan, seperti : Brosur, selebaran, poster, katalog, buku telepon (yellow pages Belanja & Industri Niaga)
2. Media Masa/Surat Kabar, seperti : Koran, majalah & tabloid
3. Media luar ruang (out door), seperti : Billboard, neon box, papan nama toko, Umbul-umbul, spanduk & banner
4. Media elektronik, seperti : Radio, TV, Video & Film
5. Sarana transportasi, seperti : pada bodi luar Bis, Kereta, Mobil Box & motor
6. Kegiatan/event , seperti : Pameran, bazar, konser musik, aktifitas sosial kemasyarakatan, parade nasional & pertandingan olah raga
7. Suvenir & Barang dagangan (Merchandise) : alat peraga, pajangan/diplay produk, miniatur/tiruan produk (Dummies), tester produk
8. Reverensi (dari mulut ke mulut), Surat langsung dan masal
9. Media lainnya sesuai perkembangan teknologi, seperti : website, E-mail, SMS dan lain sebagainya.

No comments: