Friday, November 2, 2007

PROMOSI UNTUK TRAVEL AGENT

Berikut pertanyaan salah seorang pemilik Travel Agent di Bandung mengenai masalah bagaimana mempromosikan usahanya dengan cara yang efektif.
TANYA :
Selamat malam Pak Pur,Saya Tessa dari Jakarta. Saya membuka travel agent baru di Bandung bersama saudara saya. Kami mengkhususkan diri untuk tiket pesawat domestik dan internasional. Saat ini sudah jalan 6 bulan dan penjualan masih sangat sedikit. Pendapatan dari penjualan habis untuk menutupi monthly cost seperti gaji, speedy, listrik, dan transportasi.Untuk promosi saya hanya mengandalkan distribusi selebaran yg diselipkan ke dalam koran Pikiran Rakyat oleh agen koran setiap hari Selasa dan Kamis. namun itu hanya bisa bertahan sampai 3 bulan karena kehabisan dana.Mengenai masalah harga, kami hanya mengambil margin 5.000 - 15.000 saja sesuai aturan komisi dari maskapai penerbangan.Pak Pur, kalau ada pencerahan mengenai cara promosi efektif dan efisien khusus untuk travel agent, mohon bimbingannya.

Best Regards,
Tessa A. Liswardi

JAWAB :
Selamat siang ibu Tessa…
Promosi untuk produk jasa seperti Travel Agent memang ada sedikit kekhususan. Segmen sasarannya adalah menengah ke atas. Jadi kualitas pelayanan harus benar-benar diutamakan. Orang-orang dalam segmen tersebut sangat konsern sekali dengan hal tersebut (kualitas pelayanan). Ada hal kecil saja yang mengganggu kenyamanan mereka dalam bertransaksi di tempat ibu, maka besok tidak akan datang kembali untuk membeli tiket di tempat ibu.

Langkah ibu untuk menyebarkan flyers/selebaran lewat Koran Pikiran Rakyat saya rasa bolehlah…. Namun perlu diawasi apakah terdistribusi dengan baik ke konsumen yang kita tuju. Takutnya penyebarannya terlalu meluas kepada konsumen yang tinggalnya sangat jauh sehingga orang malas untuk datang atau bahkan menelpon kantor ibu. Sedapat mungkin gunakanlah media yang penyebarannya disekitar kawasan kantor ibu.
Sasaran pertama & utamanya adalah Kantor-kantor, pertokoan serta komplek perumahan di wilayah terdekat.

Berikutnya perhatikan apakah tampak luar Kantor ibu cukup atraktif dan menarik? Memiliki Shopsign/Neonbox/Papan nama perusahaan yang cukup ukurannya untuk bisa dilihat & dibaca dari jarak jauh? Shopsign ini termasuk juga media promosi luar ruang layaknya Billboard, jadi usahakan memiliki disain yang menarik. Cantumkan nomor telepon yang mudah diingat dan tertulis agak besar, sehingga orang yang kebetulan lewat dengan kendaraan bisa dengan cepat mencatat nomornya.

Setelah itu kita masuk ke dalam ruang kantor ibu Tessa. Apakah interiornya juga ditata dengan baik. Ruangannya cukup sejuk & bersih. Customer servicenya juga siap melayani dengan senyum & sapaan yang sopan. Kenyamanan saat berada di dalam kantor ibu inilah yang nantinya akan membuat konsumen repeat order (jadi langganan), bahkan akan memberikan reverensi kepada konsumen lain.

Setiap konsumen yang datang baik yang hanya menanyakan harga tiket atau memang ingin membeli, jangan pernah lupa untuk dilayani dengan baik serta mencatat nama, alamat & nomor telponnya. Gunakan database tersebut untuk follow up konsumen setiap ada kesempatan. Kirimkan SMS untuk mengucapkan rasa terima kasih ibu atas kepercayaan konsumen pada produk jasa ibu atau ucapan selamat hari raya atau selamat ulang tahun dan sebagainya sebagai wujud kepedulian perusahaan ibu kepada mereka. Dan sekali waktu menelpon mereka untuk menanyakan apakah ada rencana bepergian dengan pesawat terbang dalam waktu dekat, sehingga mereka akan ingat untuk memesan tiket penerbangan kepada perusahaan ibu.

Seiring dengan perkembangan teknologi, gunakan juga internet sebagai sarana promosi usaha ibu. Buatlah website atau webblog dan bergabunglah dengan komunitas millis yang ada di dunia maya tersebut.

Saya rasa sekian dulu, mungkin bisa dilanjutkan dilain waktu.

26 comments:

Anonymous said...

Selamat malam pak pur...
Saya banyak terinspirasi dan termotivasi dari blog anda mengenai cara-cara promosi yg efektif,terima kasih atas tip dan informasinya yo pak..
Melanjutkan pertanyaan sebelumnya.
Pak pur saat ini usaha saya juga bergerak dibidang tour & travel agen baru 1 bulan ini berdiri,dan disini saya masih pemula,untuk saat ini saya fokuskan dulu untuk pelayanan tiket pesawat terbang walaupun untuk line bisnis yg lainnya(voucer hotel,paket tour dan umroh) tetap saya layani.yg saya tanyakan 1.bagaimana cara awal mempromosikan dan menyakinkan kepada costumer yg lebih luas tentang usaha saya ,Mengingat usaha saya masih baru?
2.apakah sebaiknya dibedakan cara berpromosi untuk masing-masing segmen sasaran yg dituju,misalkan dr brosur design dan bahan pembuatanya
3.bagaimana cara berpromosi atau berkerja sama dengan instansi pemerintahan maupun perusahaan?sebaiknya apa yg harus saya persiapkan?
4.pak pur tolong donk diberikan contoh kata-kata dalam berpromosi untuk pembuatan brosur yg simple,efektif,efisien dan tepat sasaran alias mengena...untuk tour & travel agen mengingat pak pur juga bergerak dibidang ini?
5.mengenai design promosi untuk brosur apa yg mesti saya tonjolkan?
Demikian pertanyaan dr saya,mohon diberikan jawaban yg sedetil-detilnya
terima kasih sebelumnya...
Salam kenal & sukses

Heru santoso

Tour and Travel said...

Dear pak pur,
saya mempunyai website tour and travel, bagaimana cara mempromosikan website saya agar para pengusaha tour and travel dapat memasang iklan di tempat saya? thanks

purwanto89 said...

Untuk kedua pertanyaan tersebut, coba simak kembali tulisan saya terdahulu yang berjudul:
"TOUR OPERATOR DI UBUD - BALI"
yang saya tulis di tahun 2007
mudah-mudahan bisa menjawab secara garis besarnya. Makasih

Anwar Ef said...

Selamat Pagi

Internet adalah salah satu tempat untuk promosi paling baik. Kami DAPATINFO.COM memberikan tawaran GRATIS bagi usaha yang bergerak dibidang travelling untuk mempromosikan usahanya di DAPATINFO.COM

Semua tawaran ini adalah GRATIS untuk membantu rekan rekan dalam mempromosikan usahanya.

Bagi yang berminat silahkan dengan syarat berikut ini:
1. Membuat tulisan tentang usahanya minimal 1 halaman ukuran A4, boleh disertai gambar untuk penarik.
2. Kirimkan tulisan ke admin@dapatinfo.com
3. Tulisan harus benar benar milik anda.

Sebagai contoh bisa dilihat KLIK DISINI

Semoga Menbantu

Anwar Ef said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

What's up everyone, it's my first pay a visit at this web site, and paragraph is really fruitful designed for me, keep up posting such content.
Also see my web site :: wendy's shifting castle gameplay

Anonymous said...

Great post. I was checking continuously this weblog and I am
inspired! Extremely helpful info specifically the ultimate phase
:) I handle such information much. I was looking for this particular information for a long time.
Thanks and good luck.
Here is my web blog - Western Australia

Anonymous said...

Hello, I desire to subscribe for this webpage to get hottest updates, so where can i do it please assist.
Also visit my web blog : www.go2ui.com

Anonymous said...

I'm really enjoying the design and layout of your blog. It's a very easy
on the eyes which makes it much more pleasant for me to come here and visit more often.
Did you hire out a designer to create your theme? Outstanding work!
Here is my webpage Oregon mortgage aid

Anonymous said...

Hello, I enjoy reading all of your article post.
I like to write a little comment to support
you.

my web-site :: stop lighting up

Anonymous said...

What's up it's me, I am also visiting this site on a
regular basis, this website is really pleasant and the users are truly sharing fastidious thoughts.


my blog; locksmith in salt lake city

Anonymous said...

My coder is trying to convince me to move to
.net from PHP. I have always disliked the idea because of the costs.
But he's tryiong none the less. I've been using WordPress on
a variety of websites for about a year and am anxious about switching to another
platform. I have heard excellent things about blogengine.
net. Is there a way I can transfer all my wordpress
posts into it? Any kind of help would be greatly appreciated!


Here is my homepage safco products

Anonymous said...

Woah! I'm really loving the template/theme of this site. It's simple, yet effective.
A lot of times it's difficult to get that "perfect balance" between usability and visual appearance. I must say you've done a
very good job with this. Also, the blog loads super fast for me on Chrome.
Superb Blog!

Also visit my web site: Diablo III

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Agi Saefuddin Hidayat said...

minta masukan nie gan. saya baru banget buka usaha guest house. cuma link saya dikit banget. kira2 gmana cara nya untuk berpromosi yang cangkupan nya luas bukan hanya di Indonesia saja tapi ke luar negeri juga. Terutama ke negara2 tetangga gt. Minta solusi nya yaa. saya pun udah membuat blog sendiri. ini blog nya
http://gie-bijaksana01.blogspot.com/

Terima kasih

purwanto89 said...

@ Agi S. H.:
daftarkan saja blog anda ke beberapa website yang menawarkan iklan gratis yang sangat banyak di dinia maya. silahkan cari di google engine. Banyak kok.

Purwanto

paket wisata said...

Untuk promosi agen travel saat ini sudah ada web yang menyediakan paket wisata promo Gratis.

Click www.traveloista.com, daftar dan pasang iklannya gratis untuk agent travel

Anonymous said...

Perkenalkan nama saya Bambang Isriyanto (63th)& Silvana Isriyanto (60th), kami berdua sudah pensiun dan kami baru saja ikut business jasa travel melalui on line. Yaitu penjualan tiket pesawat terbang, tiket Kereta api, pengiriman barang/ dokumen melalui udara dan darat. Kami telah memilih nama Jasa jami adalah "JASA CHERIA". Mohon bantuannya kata2 promosi yang akan kamiposting di WA, FB, atau mungkin saya harus membuat website. Terima kasih atas bantuannya

Dian Nisa said...

Anonymous said...
Perkenalkan nama saya nisa bramantyo ,saya saja ikut bussines jasa tour and travel. Yaitu penjualan tiket pesawat terbanng, tiket kereta api, vocher hotel, dsb. Jasa kami bernama "BERKAH ESTETIC TOUR AND TRAVEL ".Mohon bantuan untuk kata2 promosinya .Terimakasih atas perhatiannya.

March 10,2016 at 11:29 AM

purwanto89 said...

Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
untuk ibu Nisa, bp. Bambang dan yg lainnya, yg memiliki pertanyaan hampir sama...

Membuat kata2 promosi sesungguhnya tidak memiliki aturan yg baku. Bebas-bebas saja. Yang penting kata-kata tersebut bisa menarik perhatian orang atau bahkan mudah diingat oleh orang lain. Sehingga apabila kata2 tersebut dibaca/didengar, orang langsung ingat barang/jasa dari bisnis kita.. Jangan gunakan kalimat yang terlalu panjang sehingga orang susah untuk mengingatnya. Gunakan istilah-istilah yang sedang nge-Trend, sedang in atau istilah sekarang "Kekinian".

Gunakan juga kata2 yg mewakili jiwa atau ruh dari bisnis kita. Kalau bisnis anda Tour & Travel, tentunya gunakan kata2 yg menggambarkan perjalanan yg aman, nyaman & Happy seperti "Tiket murah, perjalananpun Berkah" atau “Senyum Cerah seluruh keluarga” atau “Ceriakan perjalanan keluarga Anda”. Kalau bisnis makanan, ruh/jiwa bisnis makanan tentunya di "rasa". gunakanlah kata2 semacam "Mak Nyuuusss.." atau "rasanya menggoyang lidah” atau “pedasnya meledak di mulut”.

Boleh juga menggunakan kata2 yang aneh & nyeleneh seperti “Rawon setan bikin ketagihan” atau “rasanya kenyel-kenyel gurih” atau “Warung JANDA (Jajanan serba ada)”. Pokoknya intinya bebas-bebas aja. Gak usah pusing2 & yang penting enak dibaca atau didengar, jadi mudah diingat.

Untuk awalnya saya sarankan buatlah beberapa macam kata2 promosi. Setelah itu buatlah survey kecil-kecilan. Tanyakan ke beberapa sahabat atau saudara kita di sekitar. Mereka kebanyakan pilih yang mana. Nah… gunakan pilihan terbanyak dari hasil survey tersebut. Selamat mencoba...


Salam;
Purwanto

purwanto89 said...

Terima Kasih untuk website yg menawarkan iklan Gratis bagi usaha/bisnis kawan-kawan yg memiliki budget minim, sbb. :

www.dapatinfo.com
www.traveloista.com
dll.

Bagi website yg menawarkan iklan gratis lainnya silahkan posting saja di sini untuk membantu rekan-rekan wirausaha yg sedang membangun bisnisnya.

Semoga tercipta iklim usaha yg saling membantu dan saling membesarkan, saling memberi manfaat, dan membawa keberkahan bersama. Aamiin....

Purwanto

Taniazaplerepair said...

"Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE