Monday, February 26, 2007

MEMBUAT BROSUR 1 :

BAGAIMANA MEMBUAT BROSUR YANG MENARIK ?
Untuk bisa menarik perhatian (Attention) konsumen, brosur tersebut harus memiliki penampilan atau kesan pertama yang cukup menggoda mata meskipun hanya dengan sekali lihat saja. Rata-rata orang menggunakan waktu hanya 1-2 detik untuk melihat sebuah iklan. Dalam waktu hanya sekian detik itulah Anda harus bisa mencuri perhatian orang. Banyak cara bisa digunakan untuk bisa menarik perhatian (attention) konsumen, sepert :

1. Dengan memberikan foto wanita/pria yang menarik di bagian depan brosur. Ini digunakan dihampir semua produk di dunia. Bahkan pada perusahaan-perusahaan besar digunakan publik figur yang terkenal seperti para selebriti, atlit olah raga, ratu kecantikan tokoh masyarakat dan pemimpin organisasi besar. Tentunya jangan lupa juga untuk mencantuman foto produk kita, karena pada dasarnya produk kitalah yang dijual. Foto orang yang digunakan sebagai figur produk kita ini tidak boleh sembarangan. Harus disesuaikan dengan produk yang kita jual. Misalnya kalau yang dijual produk kosmetik atau alat kecantikan, maka harus menampilkan figur wanita yang juga cantik dan menarik. Kalau yang dijual obat atau alat pelangsing tubuh, maka tampilkan wanita yang memiliki tubuh yang langsing dan ideal. Kalau produk yang dijual popok bayi, maka tampilkan bayi yang bertubuh sehat, berkulit bersih, memiliki mimik muka yang menggemaskan dan lucu.

2. Memberikan judul utama yang bombastis & fantastis sehingga menarik perhatian orang yang secara sekilas membaca untuk kemudian karena tertarik akan membaca ulang kembali dalam hatinya. Judul utama ini biasanya dicetak sangat besar, memiliki jenis huruf yang unik, berwarna mencolok dan mendominasi halaman depan brosur. Kata-kata atau kalimat yang dipakai tidak boleh terlalu panjang, jadi judul utamanya harus singkat tetapi bisa mewakili program promosi atau produk yang dijual. Kadang-kadang kita sulit sekali menemukan kata-kata yang menjadi kunci dari iklan yang akan kita buat. Oleh sebab itu janganlah terburu-buru dalam menentukan kata-kata kunci ini. Buatlah beberapa alternatif judul / kata kunci, lalu tanyalah kepada beberapa orang di sekitar kita apa pendapat mereka dengan kata-kata tersebut. Buatlah survey kecil-kecilan agar Anda yakin betul bahwa judul utamanya memakai kata-kata yang menarik perhatian banyak orang. Contoh penggunaan judul utama yang sering digunakan dapat Anda lihat seperti di bawah ini :
· “Cuci Gudang”
· “Diskon Gede-gedean”
· “Beli 1 dapat 2”
· “Lindungi Mobil Anda”
· “Menu Istimewa”
· “15 menit dari pintu tol”
· “Lingkungan Hijau di Pusat Kota”
· “Murah Meriah”
Judul utama ini kadang-kadang juga menggunakan problem/masalah utama yang ada pada konsumen yang dituju, misalnya :
· “Problem Kegemukan?”
· “Bermasalah dengan Jerawat?”
· “Susah Buang Air Besar?

3. Gunakan nuansa warna yang sesuai degan produk dan target pembeli Anda. Ini juga sangat penting karena penggunaan warna-warna tertentu ternyata mempengaruhi daya tarik konsumen tingkat/golongan tertentu pula. Misalnya, untuk produk mainan anak-anak akan lebih sesuai dan lebih menarik bila digunakan warna-warna dasar yang terang. Untuk produk asesoris remaja putri akan lebih menarik bila lebih banyak menggunakan warna pink. Untuk produk elektronik atau barang berteknologi tinggi biasanya akan banyak menggunakan warna biru, merah dan hitam. Untuk produk interior exclusive akan lebih baik banyak menggunakan warna coklat, crème dan hitam. Jadi komposisi warna ini berfungsi juga dalam menarik perhatian orang-orang dengan segmen yang berbeda-beda.

4. Cantumkan Harga atau Diskon produk Anda. Bila Anda yakin bahwa harga produk Anda paling murah atau diskon Anda paling besar dibanding dengan merek lain yang mutunya sama, jangan ragu-ragu untuk mencantumkannya. Bahkan kalau memungkinkan jadikan harga tersebut sebagai unsur dalam judul Utama dan dicetak besar serta dominan. Harga yang murah dan mutu yang bagus adalah dambaan setiap konsumen termasuk Anda dan saya juga tentunya. Oleh sebab itu konsumen akan langsung tertarik bila harga produk yang mereka cari ternyata ada yang lebih murah dibanding dengan yang lainnya.
5. Gunakan penanda khusus pada judul utama seperti bentuk bintang, oval, lingkaran, kotak, tanda panah dan bentuk lainnya. Ini berfungsi untuk lebih memperkuat kesan dari judul yang telah ditentukan. Penanda khusus ini biasanya disebut Flashes.

Kita tidak perlu menggunakan seluruh cara diatas untuk kita masukkan kedalam sebuah iklan produk kita. Mungkin hanya perlu satu atau dua cara saja yang bisa kita gabungkan dalam materi iklan kita. Kalau kita memaksakan diri menggunakan kelima cara diatas dalam sebuah iklan kita sekaligus, maka akan dapat dipastikan bahwa lay out atau disain iklan kita menjadi kacau dan malah konsumen tidak mengerti pesan utama apa yang disampaikan dalam iklan tersebut. Jadi pilihlah cara-cara yang menurut Anda sesuai dengan produk Anda.

4 comments:

WURYANANO said...

Artikel yang bagus. Mas Purwanto ini memang bisnisnya di bidang promotion ya. Tulis yg lebih banyak dong mas, artikel tentang promosi...biar banyak member TDA yg bisa "mengadopsi"nya. Siapa tau ada yg mau kerjasama dengan mas Pur...

Ok, Sukse selalu jadi TDA...

Wasalam,
Wuryanano

kebedal08 said...

mas..
saya mau nanya..
kalo untuk membuat brosur,,,
alat2 nya apa2 aja yach ???
dan ngerjainnya dari program apah ??
maaf ya mas ngerepotin...
saya harap mas mau mengirimnya melalui via e-mail...
ini e-mail saya...
dhuo_net_boy@yahoo.com
makasi yach mas....

Rudy said...

Halo Mas Purwanto, Perkenalkan saya Rudy dari Jogja. Begini Mas saya saat ini bekerja disebuah perusahaan Multimedia. Diantaranya adalah jasa penyewaan sound, Multimedia Screen, pembuatan Video Wedding, pembuatan Software design, Pembuatan Company Profile, dll (masih banyak). Dalam perjalanannya kami memang kerjasama dengan beberapa EO, karena mereka memang butuh alat - alat kami. Tapi saya ingin langsung mendapatkan Konsumen dari tindakan promosi seperti Brosur. Lalu bagaimana cara membuat brosur yang efektif untuk kegiatan promosi saya ini. Terima kasih.

Rudy said...

Halo Mas Purwanto, Perkenalkan saya Rudy dari Jogja. Begini Mas saya saat ini bekerja disebuah perusahaan Multimedia. Diantaranya adalah jasa penyewaan sound, Multimedia Screen, pembuatan Video Wedding, pembuatan Software design, Pembuatan Company Profile, dll (masih banyak). Dalam perjalanannya kami memang kerjasama dengan beberapa EO, karena mereka memang butuh alat - alat kami. Tapi saya ingin langsung mendapatkan Konsumen dari tindakan promosi seperti Brosur. Lalu bagaimana cara membuat brosur yang efektif untuk kegiatan promosi saya ini. Terima kasih.

rudy_marketing@yahoo.co.id