home

Sunday, October 21, 2007

BRUSUR, KATALOG & FLYER. SEJENIS TAPI BEDA FUNGSI.

Saat Kita ingin mempromosikan usaha/bisnis Kita melalui media cetakan, sebenarnya harus dipikirkan dahulu apa tujuan kita membuat program tersebut. Ada 3 alternatif pembuatan media cetakan sesuai fungsinya masing-masing. Ongkos produksi (biaya cetak) dari ke-3 media tersebut sebenarnya sama. Tapi akan memiliki efek terhadap konsumen yang berbeda. Berikut uraian mengenai ke-3 media cetak tersebut;

A. BROSUR.Brosur adalah media yang paling banyak digunakan oleh mereka yang sudah lama menggeluti usaha/bisnis. Media ini termasuk sangat efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. Efektif disini tidak hanya berarti memerlukan ongkos produksi yang cukup ringan, tapi juga bisa meyakinkan konsumen untuk segera melakukan Action membeli. Media cetakan dalam bentuk brosur biasanya merupakan modal paling dasar/pokok yang digunakan oleh para salesman, agen penjualan, produsen dan toko untuk bisa menginformasikan kepada konsumen mengenai keunggulan utama dari sebuah produk. Di dalam Brosur kita bisa menjelaskan dengan detail apa saja kelebihan suatu produk, keuntungan apa saja yang didapat konsumen bila membeli produk tersebut, bentuk fisik, warna, ukuran serta bagaimana cara mendapatkan produk tersebut. Fungsi & sifat utama brosur adalah memperkenalkan produk atau merek dagang barang atau jasa yang Anda jual.
Kalau Anda kebetulan bisa mengoperasikan program Microsoft Word atau Power Point, sebenarnya Anda sudah bisa membuat brosur sendiri. Di dalam program tersebut biasanya sudah disediakan “Templates” khusus untuk membantu Anda membuat brosur sederhana. Anda juga bisa menggunakan keahlian dan imaginasi Anda sendiri tanpa harus menggunakan templates tersebut. Setelah Anda selesai mendisain brosur sendiri, disain tersebut dapat langsung dicetak dengan printer berwarna dan kertas khusus yg sudah banyak beredar dipasaran. Namun kalau ingin mencetak dalam jumlah yang banyak, sebaiknya pergi ke tempat percetakan terdekat supaya biayanya lebih murah dan hasilnya lebih baik.

Sebenarnya agar brosur Anda tampak menarik, diperlukan seorang Disainer yang bisa membuat lay out / tata letak gambar dengan baik. Anda cukup menceritakan apa saja yang ingin dimunculkan dalam brosur tersebut untuk kemudian dibuatkan beberapa alternatif disain/lay out.

Kalau Anda menggunakan jasa Disainer ini, usahakan Anda menceritakan dengan rinci dan detail mengenai produk Anda. Berikan beberapa contoh (sample) produk Anda kepada Disainer tersebut untuk dapat dicoba dan dimengerti keunggulan apa saja yang bisa ditonjolkan dalam brosur. Pastikan bahwa disainer tersebut benar-benar mengerti akan produk Anda sebelum memulai untuk megerjakan disain brosur Anda.

Bila disain sudah siap segeralah pergi ke perusahaan percetakan untuk mencetak brosur Anda. Mintalah kepada Disainer Anda referensi tempat percetakan yang baik agar tidak kecewa pada hasil cetakannya. Karena kadang-kadang hasil cetakan tidak sesuai dengan disainnya. Selain itu tanyakan juga jenis kertas yang dipakai. Di pasaran banyak sekali jenis kertas dan untuk produk tertentu kadangkala kita memerlukan jenis kertas tertentu untuk memberikan kesan yang sesuai dengan produk yang kita jual.

Saat ini persaingan bisnis di perusahaan percetakan sangat kuat sekali, sehingga kadang kala mereka juga menyediakan jasa disain/lay out brosur secara gratis. Namun dengan catatan harus mencetak brosur tersebut di perusahaan yang bersangkutan. Kadang kala mereka mengharuskan order cetak sejumlah tertentu (minimum order) supaya disainnya bisa gratis. Manfaatkanlah kemudahan tersebut.

B. KATALOG.
Bila produk yang ingin Anda promosikan jumlahnya banyak dan ingin sekaligus di-expose bersama-sama, maka disarankan untuk membuat Katalog. Karena produk yang dipromosikan dalam katalog ini jumlahnya banyak, maka biasanya cetakannya disatukan dalam bentuk buku atau majalah sederhana.
Katalog ini biasanya dipakai oleh :
1. Supermarket (Carrefour, Giant, Hypermart, Indomart, Alfamart dll)
2. Toko pakaian jadi (Matahari, Borobudur, Ramayana dll)
3. Toko & Produsen kosmetika,
4. Toko & Produsen elektronika, dll.

Katalog akan memudahkan konsumen untuk bisa memilih sendiri produk mana yang sesuai dengan keinginan dan anggaran biayanya. Terkadang produk-produk yang didisplay pada katalog disertai juga dengan harga & diskon yang bersaing.

C. SELEBARAN/FLYER.Selebaran/flyer Adalah bentuk sederhana dari brosur. Yang membedakannya dengan brosur adalah isi atau tema yang ada dalam disainnya. Brosur biasanya hanya menonjolkan kelebihan utama sebuah produk. Sedangkan selebaran/flyer biasanya berisi tentang program khusus yang sifatnya sementara (temporary). Jadi bila Anda sedang melakukan program cuci gudang, program berhadiah atau memberikan diskon khusus, maka buatlah flyer. Selebaran/flyer biasanya menggunakan kertas cetakan yang lebih murah karena memang sifatnya yang harus segera disebarkan kepada banyak orang dalam waktu tertentu dan hanya selama program berlangsung.
Nah sekarang tinggal apa sebenarnya tujuan anda membuat program promosi melalui media cetakan. Jangan sampai Budget promosi Anda menjadi sia-sia karena seharusnya Anda membuat Flyer/selebaran tapi Anda malah membuat brosur, atau sebaliknya.

14 comments:

adims said...

saya mau tanya nih pa?
fungsi dan manfaat iklan menurut teori (teks books) tuh gmana sih?

Trus saya berencana mau bikin majalah yang contentnya tentang iklan2 produk apa yang perlu saya persiapkan untuk menbikin usaha itu?

cotoh proposal Bisnis plan yang baik dan benar seperti apa?

terakhir apakah bapak punya data perusahaan2 besar dalam mengiklan tuh pertahunya brapa kali trus budget yang di keluarkanya brapa?

sebelunya saya ucapkan terima kasih
saya berharap besar bapak bisa memberikan masukan atau jawaban apa yang saya pertanyakan.

wassalam
dimas

Anonymous said...

Makasih atas infonya!

Anonymous said...

pak mau tanya ni
buku yang ngebahas tentang brosur pa ya????
sapa pengarangnya, n judul bukunya pa??
d Kotler ada gk ya???

ilham said...

Mas, bisa minta contoh2 flyernya? Lagi bener2 butuh nih buat besok lusa. Makasih.

Ilham

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

hey


just registered and put on my todo list


hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
baju anak said...

mau tanya cara bikin brosur yang menarik seperti apa yah?

Unknown said...

visit my website www.percetakantron.com

Anonymous said...

Von Miller Elite Jersey

Simply select and uninstall all programs you know for sure you don't need or want Call them and ask to be added to their mailing lists for to learn of upcoming events4 However if we can change the weather and create the weather and the rain and the rain cycles to our needs we can control the actual destiny of our species and be the better for it Try products with oatmeal or use all natural products

Broncos Peyton Manning Jersey

Today, designers offer such a variety of jersey display cases that everyone should be able to find units that perfectly fit their home or office decor I thank God that He allowed me to turn to the channel and hear those people talkingWake-up call-The need to be loved and accepted creeps into our financial livesHere are ten story-opening questions to get your started

Golden Tate Women's Jersey

Anonymous said...

Hello. And Bye. Thank you very much.

Anonymous said...

Hello. And Bye. Thank you very much.

Anonymous said...

It is pretty incredible how much of a difference [url=http://cungmuachungnhom.com/thoi-trang.html]Thoi trang nam[/url] can have, of course you have to consider certain factors. So then what you simply should do is gather as many details as possible and think about them. It is not hard to learn more about this, and you can potentially save yourself some hassles by doing so. You will be able to make the best judgements when you are confident you have all you need to know. You want to know what you are working with, so the following are some areas within this subject you should take the time to consider.

The relative complexities of men's and women's style

Both women and men could have the pressures of maintaining their clothing up-to-date and in season, yet men's fashion frequently seems a lot simpler. Of course, for both genders, garments and style choices may be quite as complicated, and there are several'stylish'things that could easily become fashion faux pas - who can say they often times see people travelling in 70s flares? On the other hand, men's style has a few staple goods that will exist eternally - which man is going to look out of place with a good-quality, tailored suit, for example? Select traditional pieces, colors and materials and you'll never look out-of-place.

Why basic men's fashion is timeless

The classic man's suit has hardly changed for over a hundred years. True, there are many options for various situations, but they are all common in their search for a wise, sharp try to find the wearer. The neat thing about common style for men is that it's effectively stylish simply neat. A well-groomed gentleman will almost always appear his sharpest in a well-tailored suit, and this is a testament to the style of such clothing. A match will be used to work in many occupations due to the professional look it offers to the wearer, instilling a sense of respect and trust. Similarly a match will be used to several social occasions, like a tuxedo to a black-tie event. This extraordinary flexibility that allows suits to be worn in nearly all events is what gives it its timeless side and a lasting place in men's fashion.

Contemporary developments in classic men's style

Though classic men's designs will never be replaced, it's interesting to remember that shifts in men's fashion trends have brought certain traditional garments back in fashion. The popularity of vintage clothing, specifically, has brought back a wide-variety of basic models into men's wardrobes, such as that of the dandy man. 'Dandy'is a term used to reference men who clothe themselves in a classic yet luxurious way, acting in a polished method and placing value on appearance. This development for nearly'over-the-top'traditional style for men is evident from events such as the'Tweed Run', where men and women of all ages dress in obviously Victorian-style outfit and take to the streets on vintage cycles - with lots of the men sporting flawless mustaches! This is only one of several examples of evidence exhibiting the resurrection of such designs. There are also numerous sites on the web which give attention to gentlemanly type - such as'The Dandy Project'and'Dandyism'- as well as entire internet sites such as'The Art of Manliness'specialized in giving articles on basic men's fashion and grooming.

In conclusion, though specific areas of traditional men's style can be cut back as new developments, the fundamental garments that they are based on will never slip out of fashion.

"All it requires certainly are a few basic garments. And there's one key - the easier the better." - Cary Grant

StyleGun is an online men's fashion store with a specialized twist.
Read More: [url=http://sowfoerseibdupra.podomatic.com/entry/2013-02-17T19_02_40-08_00]thoi trang nam[/url]

bra bh sorex wanita said...

Terimakasih atas informasi yang kaka berikan ka... saya juga sedang membangun untuk latihan
Toko Online Indonesia
BRA BH 02004 Murah Berkualitas
Jual Bra BH Sorex 9853 Produk Berkualitas Wanita Terkini
Bh 65003 Tanpa kawat Sport Bra sorex kancing dua casual comfort
BH sorex 3262 | Bra sorex busa dan KAWAT | BH sorex kawat
BH SOREX SPORT 01002 | BH sorex busa tipis | BRA tanpa kawat busa tipis | pakaian dalam sorex