home

Sunday, May 27, 2007

IKLAN DI MEDIA LUAR RUANG

Yang temasuk IKLAN/PROMOSI di media luar ruang ini antara lain adalah :
1. Billboard
2. Baligho
3. Umbul-umbul
4. Spanduk
5. Papan Nama Toko (Shopsign)
6. Balon Udara
7. Neon Box, dll.

Hal khusus yang perlu diperhatikan saat Anda ingin menggunakan Media luar ruang ini adalah biaya pajak retribusi iklan. Besarnya pajak iklan ini tiap daerah memiliki kebijaksanaan dan peraturan yang berbeda. Namun biasanya hitungan dasarnya adalah sebagai berikut :

Panjang x Lebar x jangka waktu pemasangan (hari) x (NSR) Nilai Sewa Reklame x Tarif Pajak (%)

Contoh :
Bila anda ingin pasang spanduk 1 meter x 4 meter selama 30 hari. Lokasi anda di wilayah DKI dengan kelas jalan A / utama (NSR = Rp. 5.000,-). Biasanya Tarif Pajak dikenakan 25%.

Maka jumlah yang harus dibayar adalah :
1 x 4 x 30 x 5000 x 25% = Rp. 150.000,-

Jadi pajak iklan yang harus dibayar adalah hasil perkalian dari Panjang dengan Lebar bidang gambar dikalikan dengan jumlah hari pemasangan iklan Anda dikalikan lagi dengan nilai Rupiah yang besarnya sesuai peraturan yang berlaku. Disamping faktor-faktor di atas, biasanya ada peraturan tambahan lagi yang bersangkutan dengan luas bidang minimum dari iklan, faktor pencahayaan (Frontlite atau Backlite), lokasi kelas jalan, dll.

Anda harus mengeluarkan dua macam biaya yaitu :
1. Biaya produksi material promosi termasuk ongkos pasang tentunya.
2. Biaya pajak retribusi iklan daerah.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan media luar ruang ini maka pilihlah lokasi yang tepat sesuai sasaran konsumen serta produk Anda. Lokasi-lokasi persimpangan jalan biasanya menjadi incaran utama para pemasang iklan jenis ini. Namun tidak semuanya harus seperti itu. Kadang kala beriklan di dinding luar sebuah pusat pertokoan/Mall juga sangat efektif untuk mereka yang memiliki toko di dalam Mall tersebut. Jadi tidak perlu memasang iklan di persimpangan jalan yang biasanya sangat mahal. Pemasangan iklan di lapangan olah raga juga sangat efektif untuk produk minuman energy, air mineral, suplemen kesehatan dan peralatan olah raga.

Hal penting lainnya dalam merencanakan iklan luar ruang ini adalah jangan menggunakan kata-kata atau kalimat yang terlalu panjang. Karena lokasinya yang berada di tempat-tempat umum, biasanya orang akan membaca iklan ini sambil beraktifitas. Jadi waktu Anda untuk bisa menarik perhatian mereka sangatlah singkat. Supaya pesan dalam iklan Anda efektif maka utamakan untuk menampilkan gambar dan slogan singkat yang mudah diingat.

1 comment:

Muhammad Taufan said...

Salam kenal.

Mas Pur, saya sedang men-develop website: klikbillboard.com. Jika berkenan silakan kunjngi. Disana kita perlu berdiskusi ria tentang billboard di Indonesia. Setuju? Mongoo mampir mas.

Salam.
Taufan