home

Thursday, May 17, 2007

Merek / Brand Gotong Royong

Ini salah satu tulisan yang saya kirim ke milis TDA:
Belum lama ini saya berkunjung ke sebuah kios baju anak milik teman saya yang berada di ITC Kuningan Ambasador. Sekalian audit pakaian yang saya titip jual kepadanya. Setelah selesai semua urusan pembayaran, saya iseng jalan-jalan untuk sekedar mencari inspirasi. Beberapa kios saya kunjungi sambil menggali berbagai informasi.
Dan akhirnya Inspirasi itu datang juga setelah saya melihat satu kios yangcukup ramai pembelinya. Kebetulan Kios tersebut merupakan cabang/agen darisebuah merek yang cukup rajin beriklan di Koran. Cabangnyapun cukup banyak.Saya lihat dikios tersebut juga melayani grosir dan memiliki atribut-atributpromosi yang lumayan lengkap seperti brosur, poster, shopping bag, neon boxdll. Promosinya gencar juga ya… itu yang terpikir oleh saya. Tentunya modaluntuk mempromosikan merek/brand tersebut sangatlah besar. Apalagi sayasering melihat iklannya di Koran. Dalam iklannya selalu dituliskan puluhanoutlet yang menjual mereknya yang tersebar di Jakarta, Bogor, Bekasi, &Banten.
Dalam benak saya ada pemikiran seperti ini;
Pada komunitas kita di TDA, tentunya ada banyak orang yang memilikiusaha/bisnis sejenis seperti selimut, baju muslim, baju anak dll. Merekatentunya menggunakan merek/brand/nama usaha mereka sesuai keinginan merekamasing-masing. Dan bisa dipastikan merek usahanya berbeda satu dengan yanglainnya. Untuk sesama TDA yang masih kecil skala usahanya, tentunya akanlebih berbobot kalau kita melebur merek/brand/nama usaha tersebut menjadisebuah merek bersama sehingga lebih kuat. Kesannya tentu akan seperti sebuahFrancise atau Agen cabang. Dan image yang terbentuk akan lebih kuat karenakesannya cabangnya sudah berkembang dimana-mana. Dalam hal ini tentu kitatidak perlu membayar francise fee atau deposit keagenan. Kalaupun inginberiklan di Koran atau membuat brosur & material promosi lainnya tentu jugalebih murah karena akan ditanggung bersama-sama. Bayangkan saja kalau tiapmerek usaha Anda beriklan sendiri-sendiri. Tentu biaya akan lebih boros danmungkin kurang "Nendang".
*Ibarat kata*….. usaha kecil kita masing-masing ini seperti lidi-lidi yangmemiliki besar & panjang yang berbeda-beda dan akan mudah patah. Kalaudigabungkan tentu akan menjadi sebuah sapu yang kuat & lentur serta lebihdahsyat. Istilahnya mungkin akan menjadi *Merek/Brand gotong-royong*.

1 comment:

Taniazaplerepair said...

"Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE