home

Friday, June 22, 2007

MEMBUAT BROSUR 2 :

BAGAIMANA MEMBUAT BROSUR AGAR BISA MENDORONG MINAT KONSUMEN ?

Setelah kita menentukan cara apa saja yang akan kita gunakan untuk menimbulkan kesan pertama yang menggoda pikiran dan hati konsumen, maka kita akan masuk kedalam tahapan berikutnya yaitu bagaimana agar brosur mampu mendorong minat (interest) konsumen terhadap produk Kita.

Buatlah Subjudul yang menjelaskan secara singkat maksud dari judul utama. Subjudul ini biasanya berupa kalimat pendek yang berisi ilustrasi singkat yang mampu membuat orang ingin melihat lebih lanjut. Jadi kalau Judul Utama biasanya hanya menggunakan sepatah dua patah kata, maka Subjudul biasanya adalah sebuah kalimat yang memiliki arti memperkuat dan mempertegas kesan dari judul utama. Kalimatnya harus mampu memancing benak pembacanya untuk mau melihat/membaca lebih detail lagi kedalam isi brosur tersebut.

Perlu diperhatikan juga lokasi Subjudul tersebut di dalam layout disain agar jangan terlalu jauh dari judul utamanya. Agar tidak kacau antara Judul Utama dengan Subjudul, maka ukuran hurufnya harus dibedakan. Jangan membuat ukuran huruf pada subjudul lebih besar dari Judul utamanya. Jadi Judul Utama harus tetap dominan.

Contoh Subjudul yang bisa mendorong minat (interest) konsumen adalah sebagai berikut; Bila Judul Utamanya ”CUCI GUDANG.... !!!” maka pada Subjudulnya kita bisa menambahkan kalimat ”Dapatkan produk menarik & berkualitas dengan harga yang murah.”

Contoh lainya adalah bila Judul Utamanya ”PROBLEM KEGEMUKAN?” maka subjudul supaya bisa lebih mendorong minat konsumen kita gunakan kalimat seperti ini; ”Atasi dengan metode yang terbaru dari Kami. Bebas dari rasa sakit & tanpa operasi.”

Dengan contoh kalimat-kalimat singkat di atas tentu konsumen akan lebih penasaran untuk ingin tahu lebih banyak mengenai keunggulan produk kita atau program penjualan apa yang sebenarnya ditawarkan.

3 comments:

Kritik Sosial apaaa ajah! said...

Makasih pak. Lanjutin dong. Gimana caranya buat isi yang menarik dan ngga bertele-tele...

Anonymous said...

pak, cara promosi iklan mengenai travel agent gtu gmna pak ?

purwanto89 said...

jawab: Cara berpromosi untur travel agent silahkan simak tulisan saya di halaman berikut :

http://purwanto89.blogspot.com/2007/12/travel-jakarta-bandung-untuk-para.html

atau; http://purwanto89.blogspot.com/2007/11/promosi-untuk-travel-agent.html

atau; http://purwanto89.blogspot.com/2007/11/tour-operator-di-ubud-bali.html