Sunday, February 23, 2014

Menggaet wisatawan lokal

Tanya :

Malam Mr. Pur.. :)
Blog Bapak sangat inspiratif.
Nama saya Ganda (23), saya sekarang sedang menjalani bisnis tour operator khususnya jawa. Sasaran utama adalah turis mancanegara, sejauh ini tidak ada masalah mengenai order dan sering mereka referensi service kami ke teman2 lainnya.
Sekarang saya berusaha mengepakkan sayap untuk menggaet wisatawan lokal namun sejauh ini tidak berhasil. Mohon pencerahan bagaimana promosi yg tepat untuk segemen pasar lokal?
Terimakasih
http://www.ijenminertour.com/

Ganda Merisiyanto

Jawab :
Dear Mr. Ganda...
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, dan senang bisa berkenalan dgn Bapak. Saya juga telah mengunjungi website bapak. Untuk menggaet wisatawan lokal memang gampang-gampang susah. Target wisatawan lokal biasanya akan sulit kalau yang kita sasar adalah wisatawan perorangan. Mungkin akan lebih mudah kalau target market kita adalah Group atau instansi baik swasta amupun pemerintah. Otomatis kita akan lebih banyak masuk ke dalam organisasi mereka melalui proposal-proposal atau surat penawaran & kerja sama.
Saran saya ;
- Cobalah buat banyak proposal/surat penawaran dan lakukan pendekatan dengan salah seorang yang berwenang (tidak perlu harus direktur/pemilik usahanya) di suatu instansi. Lampirkan Brosur yang Anda miliki dan tawarkan kepada mereka kalau ada event training karyawan, family gathering, atau acara karyawan perusahaan, bisa menggunakan jasa perusahaan Bapak.Berikan kemudahan dalam hal pengurusan Transportasi & akomidasi serta yg lainnya, sehingga panitia acara sudah tinggal terima beres (tidak repot). Berikan bonus khusus hanya untuk PIC (Person in Charge) atau orang yang berhubungan langsung dengan bapak.
- Masuk ke instansi pendidikan. Hampir tiap sekolah di Indonesia dari Play group sampai Universitas, selalu mengadakan tour besar tiap tahunnya. Olehsebab itu lakukan pendekatan dengan pihak sekolah dan pelajari kebiasaan atau jadwal study wisata mereka, karena tiap sekolah memiliki jadwal yg berbeda.Berikan juga bonus khusus bagi pengurus di sekolah tersebut. Market yang sangat besar di sektor pendidikan ini adalah justru pada tingkat pendidikan Play group & TK. Di lingkungan saya saja tiap tahun mereka bisa mengadakan tour 2-3 kali. Bayangkan kalau ada banyak play group & TK yang bisa kita ajak kerja sama. Karena klien kita dunia pendidikan, tentunya kita perlu memberikan tema pendidikan/pengetahuan khusus pada event Tour tersebut. Misalnya "sejarah berdirinya candi Borobudur", "proses terjadinya lautan pasir di Bromo", "menggambar & mewarnai gunung Bromo" dll.
- Lakukan kerjasama juga dengan usaha sejenis yang masih berhubungan (Hotel, Tour & Travel, ticketing dll) di propinsi/kota lain. Kadang-kadang agen wisata suatu daerah kesulitan mencari mitra kerja di daerah lain karena kebetulan program wisata suatu instansi mencakup rute yg panjang dan mengunjungi berbagai daerah yang berbeda-beda. Begutu juga anda mungkin perlu mitra kerja di daerah lain karena kebetulan rombongan wisatawan yg menjadi klien anda ingin juga berwisata ke daerah lain yg di luar jangkauan anda bukan?
Sekian mungkin yg bisa saya sharing untuk Mr. Ganda

Salam;
Purwanto

1 comment:

Taniazaplerepair said...

"Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)
TIPS DAN TRICK UNTUK PENGGUNA SMARTPHONE