home

Tuesday, September 25, 2007

PROMOSI UNTUK PRODUK JASA/PERBANKAN

TANYA :
Selamat Pagi pa pur...........saya chandra dari banjarmasin, kebetulan dapet email ini dari browsing...........cma mau dpt info aja sich.........bagaiman ya strategi promosi untuk perusahaan jasa/Perbankan??

ariesza@..................co.id


JAWAB :
Salam kenal buat pak Chandra di Banjarmasin.
Pak Chandra kelihatannya bekerja di Bank Niaga ya…?
Aduh paaaakk…. Pertanyaan Bapak terlalu umum & luas, sehingga terus terang saya agak mikir dulu harus menjawab dari sisi mana yah?
Oke saya jawab saja secara umum juga:

Perusahaan Jasa Perbankan adalah termasuk usaha dengan modal besar & berharap juga akan mendapat keuntungan yang besar sekaligus konsumen (nasabah) yang banyak. Oleh sebab itu untuk mempromosikannya tentu jangan tanggung-tanggung. Gunakanlah media-media yang memiliki Audiece (pembaca/pemirsa/pendengar) yang banyak untuk ber iklan. Jangan sembarangan juga memilih media untuk berpromosi. Sesuaikan media yang dipilih dengan target market perusahaan. Kalau jaringan perusahaan Anda cukup luas sampai ke daerah, maka gunakan media yang penyebarannya bersifat nasional. Tapi kalau jaringannya hanya bersifat lokal, maka gunakan media lokal yang bagus. Media yang saya maksud di sini adalah Koran, Televisi atau Radio. Ada media iklan yang sangat cocok juga untuk promosi perusahaan-perusahaan besar yaitu Billboard. Letakkanlah billoard di lokasi yang strategis seperti persimpangan jalan, dekat pusat pertokoan/Mall, dekat prasarana umum dll.

Yang perlu dicermati adalah isi dari promosi/iklan yang dibuat. Karena perusahaa Bapak bergerak dalam bidang jasa, maka tonjolkanlah segi-segi pelayanan yang sempurna serta fasilitas-fasilitan yang mempermudah konsumen dalam bertransaksi dengan perusahaan. Buatlah konsumen merasa Confident, Confort & Save dengan jasa/produk yang ditawarkan.

Mungkin itu saja dulu, karena sebenarnya jawabanya juga akan terlalu luas kalau diulas di sini.

Selamat bekerja……

No comments: