Ada banyak pertanyaan yang masuk menanyakan bagaimana sih memilih kata-kata yang bagus buat promosi produk kita? Berikut saya tampilkan contoh pertanyaan yang masuk tersebut, dan saya akan jawab langsung dalam kesempatan ini :
Tanya 1:
Perkenalkan nama saya Bambang Isriyanto (63th)& Silvana
Isriyanto (60th), kami berdua sudah pensiun dan kami baru saja ikut business
jasa travel melalui on line. Yaitu penjualan tiket pesawat terbang, tiket
Kereta api, pengiriman barang/ dokumen melalui udara dan darat. Kami telah
memilih nama Jasa jami adalah "JASA CHERIA". Mohon bantuannya kata2
promosi yang akan kamiposting di WA, FB, atau mungkin saya harus membuat
website. Terima kasih atas bantuannya
Tanya2:
Perkenalkan nama saya nisa bramantyo ,saya saja ikut
bussines jasa tour and travel. Yaitu penjualan tiket pesawat terbanng, tiket
kereta api, vocher hotel, dsb. Jasa kami bernama "BERKAH ESTETIC TOUR AND
TRAVEL ".Mohon bantuan untuk kata2 promosinya .Terimakasih atas
perhatiannya.
Jawab:
Terima kasih telah mengunjungi blog saya.
untuk ibu Nisa, bp. Bambang dan yg lainnya, yg memiliki
pertanyaan hampir sama...
Membuat kata2 promosi sesungguhnya tidak memiliki aturan yg
baku. Bebas-bebas saja. Yang penting kata-kata tersebut bisa menarik perhatian
orang atau bahkan mudah diingat oleh orang lain. Sehingga apabila kata2
tersebut dibaca/didengar, orang langsung ingat barang/jasa dari bisnis kita..
Jangan gunakan kalimat yang terlalu panjang sehingga orang susah untuk
mengingatnya. Gunakan istilah-istilah yang sedang nge-Trend, sedang in atau
istilah sekarang "Kekinian".
Gunakan juga kata2 yg mewakili jiwa atau ruh dari bisnis
kita. Kalau bisnis anda Tour & Travel, tentunya gunakan kata2 yg
menggambarkan perjalanan yg aman, nyaman & Happy seperti "Tiket murah,
perjalananpun Berkah" atau “Senyum Cerah seluruh keluarga” atau “Ceriakan
perjalanan keluarga Anda”. Kalau bisnis makanan, ruh/jiwa bisnis makanan
tentunya di "rasa". gunakanlah kata2 semacam "Mak
Nyuuusss.." atau "rasanya menggoyang lidah” atau “pedasnya meledak di
mulut”.
Boleh juga menggunakan kata2 yang aneh & nyeleneh
seperti “Rawon setan bikin ketagihan” atau “rasanya kenyel-kenyel gurih” atau “Warung
JANDA (Jajanan serba ada)”. Pokoknya intinya bebas-bebas aja. Gak usah pusing2
& yang penting enak dibaca atau didengar, jadi mudah diingat.
Untuk awalnya saya sarankan buatlah beberapa macam kata2
promosi. Setelah itu buatlah survey kecil-kecilan. Tanyakan ke beberapa sahabat
atau saudara kita di sekitar. Mereka kebanyakan pilih yang mana. Nah… gunakan
pilihan terbanyak dari hasil survey tersebut. Selamat mencoba…
Salam;
Purwanto
No comments:
Post a Comment